MODERNISASI PENGELOLAAN LAYOUT PASAR TRADISIONAL UMUM BERINGKIT (PERSPEKTIF SERVICESCAPE)

  • Kadek Susiawan STIE Satya Dharma
  • A.A.N. Oka Suryadinatha Gorda STIE Satya Dharma
Keywords: Layanan Jasa, Revitalisasi Pasar, Servicescape

Abstract

Modernisasi Pasar Tradisional, tata letak pasar tradisional (Perespektif Servicescape). Revitalisasi pasar tradisional telah memiliki dampak besar pada pembangunan ekonomi di negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia, menurut JW School(2014) Teori revitalisasi difokuskan pada masyarakat pra-modern menjadi cara modern melalui proses pertumbuhan ekonomi dan sosial, modern dalam sistem pengembangan. Dikutip dari Koran Balipost, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kabupaten Badung Bali, mulai merevitalisasi Pasar Tradisional Umum Beringkit. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan daya tarik lingkungan fisik peregangan tata laksana pasar publik. Dalam menciptakan daya tarik lingkungan fisik, perusahaan ritel perlu mempertimbangkan unsur-unsur mengenai indikator servicecapeadalah sebagai berikut: lingkungan fisik, tata letak khusus dan fungsional, dan penanda simbolik dan artefak. Servicescape adalah salah satu cara inovatif untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang bergerak dalam sektor jasa yang masih dapat mempertahankan hubungan jangka panjang dengan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan tabulasi. Dari hasil penelitiandalam menciptakan daya tarik, tata letak pasar tradisional secara umum yang rusuh membutuhkan teori serviscescape yang dapat memberikan layanan kepada perusahaan ritel sehingga dapat bersaing dengan perkembangan pasar modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balipost.com. 2016 .Revitalisasi Pasar Tradisional Umum BeringkitKoranBalipost.Com.
Bitner.2015.Teori Serviscape : edisi -14 buku pertama ,penerbit jakarta selatan: salemba empat.
Haming, dan nurajamudin .2011. Manajemen Produksi Moderen Operasi Manufaktur Dan Jasa. Edisi Dua, Jakarta:Penerbit Bumi Aksara.
Jamesapple.1990.https://dewirosdyana.wordpress.com/2015/05/12/strategi-lokasi-dan-tata-letak.
Jamesapple. 1990.manajemen operasi peroduksi dan teori tataletak usaha jasa.
Kumilausari,dari Universitas Atma Jaya (2009), melakukan penelitian dengan judul Strategi dinas pengelolaan pasar kota Surakarta dalam mengoptimalkan penerimaan retribusi pasar tahun 2008, mulai memberdayakan pasar tradisional.
Peraturan Presiden Republik Indonesia. Nomor 112 Tahun .2007 tentang Penataan dan
Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.
Render dan jay heizer. 2015.Manajemen Operasi Keberlangsungan Dan Rantai Pasokan. Edisi 11, Jakarta Selatan: Selemba Empat
Sugiyono.2009.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif da R&D,Bandung: CV Alfabeta.
Published
2018-03-01
How to Cite
Kadek Susiawan, & A.A.N. Oka Suryadinatha Gorda. (2018). MODERNISASI PENGELOLAAN LAYOUT PASAR TRADISIONAL UMUM BERINGKIT (PERSPEKTIF SERVICESCAPE). ARTHA SATYA DHARMA, 11(1), 261-273. https://doi.org/10.55822/asd.v11i1.160