PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA (STUDI PADA KARYAWAN DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN BULELENG)

  • I Putu Agus Adnyana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Good Corporate Governance, Transparansi, Tanggung Jawab dan Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh dari Good Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja karyawan Dinas Pertanian Dan Peternakan Kabupaten Buleleng. GCG diukur dari segi keadilan, transparansi, akuntabilitas dan tanggung jawab. Lima hipotesis diformulasikan terkait dengan tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, dari 64 kuesioner yang dibagikan, 64 kuesioner dikembalikan dengan tingkat tanggapan 100%. Untuk menguji hipotesis, analisis regresi dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 17.00. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan pengujian uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik regresi. Penelitian ini menunjukkan bahwa GCG (yaitu fairness, transparancy, accountability dan responsibility) memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga
Cahyani, N. (2009). Pengaruh Corporate Governance Perceptionindek terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur.
Daniri, M. A. (2005). Konsep danPenerapanya dalam Konteks Indonesia. Jakarta: Ray Indonesia.
Darmawansyah dkk. (2013). Penerapan Prinsip- prinsip Good CorporateGovernance Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal AKK Indonesia. Vol 2 No 2, Mei 2013.
Marniati. (2010). Analisis Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kinerja Karyawan di Bagian Administrasi Umum Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Tesis Program Studi Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. Medan.
Mathis, Robert. L, & J. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba.
Sedarmayanti. (2007). Governance dan Good Corporate Governance. Edisi ketiga. Bandung: Mandar Maju.
Sutedi, A. (2013). Good Corporate Governance. Jakarta: Gramedia.
Zarkasyi. (2008). Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Manaufaktur, Perbankan, dan Jasa Keuangan lainnya. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-12-01
How to Cite
I Putu Agus Adnyana. (2019). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA (STUDI PADA KARYAWAN DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN BULELENG). ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), 152 - 166. https://doi.org/10.55822/asd.v12i2.13

Most read articles by the same author(s)