ANALISIS POSITIONING DARI PERSEPSI KONSUMEN TRANSPORTASI ONLINE (GRAB)

  • I Made Sukadana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Komang Gita Krishna Murti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Positioning, Nilai, Keunikan, Kredibilitas, Berkelanjutan, Kesesuaian,Persepsi Konsumen

Abstract

Dewasa ini internet telah merubah banyak hal menganai selera konsumen, termasuk dengan pemakaian transportasi dikalangan masyarakat. Konsumen saat ini menginginkan segala sesuatu nya dengan cepat dan terjangkau, disinilah grab berdiri dan bertumbuh sangat cepat karena dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Positioning dari transportasi online yang ditawarkan oleh grab berdasarkan persepsi konsumen di kota Singaraja. Dalam penelitian ini pendektakan yang digunakan melalui metode kualitatif, yaitu berupa wawancara langsung kepada pengelola grab, mitra grab beserrta konsumen grab yang ada di kota Singaraja. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini  adalah dengan menggunakan variabel Positioning yang memiliki indikator Nilai, Keunikan, Kredibilitas, Berkelanjutan serta Kesesuaian dilihat dari persepsi konsumen yang ada di kota Singaraja. Hasil penelitian ini menunjukan adanya persepsi yang positif terhadap positioning yang dilakukan oleh grab, ini dikarenakan Kesesuaian Positioning yang di lakukan oleh grab menurut konsumen sama dengan apa yang mereka rasakan dan dapatkan ketika menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan oleh grab dengan positioning yang dirancang oleh grab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.
Ardiani dan iriani (20114). “Analisis Positioning berdasarkan persespi atribut produk” Skripsi manajemen Bisnis.
Adha, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran P20EW dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Sub Konsep Menghilangnya Keanekaragaman Hayati. Universitas Pasundan Bandung.
Agustia, Dian. (2013). Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 1.
Assauri, Sofjan, 2010. Manajemen Pemasaran. Cetakan kesepuluh. Rajawali Pers, Jakarta.
Alma, Buchari. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Darmawan, D. (2012). “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, (2012). Pemasaran Strategik. Edisi
Hardiyati R (2012). “ Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa penginapan (villa) agrowisata kebun the pagilaran” Skripsi Manajemen bisnis
Jackline, Laura. S.M. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Erha Clinic Denpasar: Program Magister Manajemen Pasca Sarjana Univesitas Udayana. Tesis.
Kartajaya, Hermawan dan Iwan Setiawan. (2014). WOW Marketing. Jakarta: PT Gramedia.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, P. and Keller, K.L. (2009). Marketing Management: 13th Edition. New Jersey: Upper Saddle River.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall,inc.
Mowen, John C dan Minor, Micheal. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.
Miarso, Yusufhadi (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Penerbit Kencana & UNJ: Jakarta.
Nico,O (2015). “Analisis Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan”Hotel bintang lima pecan baru” Jurnal Manajemen BisnisKedua. Andi, Yogyakarta.
Orville C. Walker, Boyd. Harper W, Larreche, Jean Claude. 2005. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.
Parulian H (2012). “Persepsi konsumen terhadap kualitas layanan jasa penyewaan lapangan futsal” Skripsi manajemen Bisnis.
Rahman, A. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business Cara Jitu Merontokan Pesaing. Cetakan Pertama. Jakarta: Trans Media Pustaka.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.
Sulaeman Reynata E (2013). “ Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan”. Jurnal Manajemen bisnis
Suzanto B (2014). “ Pengaruh kualitas jasa pelayanan terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit umum kota bansar”. Jurnal ekonomi, bisnis dan entrepreneurship.
Supriyati R (2012), “ Pengaruh kualitas pelayanan jasa transportasi terhadap kepuasan konsumen armada bus tranzetrum madu kismo di kabupaten grobongan” Skripsi Program Studi geografi.
Subihaini (2014). “Analisis Konsekuensi Kualitas Layanan pada Perilaku Konsumen”. Jurnal Bisnis Strategi (JBS) : vol. 8, Des 2001/Th,VI, 2002 p.99, 2001.
Sutarman. (2009). Pengantar teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2016). Pemasaran esensi dan aplikasi Andi ,Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Tjitpono, Fandy. (20015). Pemasaran Jasa. Malang:Banyumedia Publishing.
Tjiptono, Fandy, (2007), Strategi Pelayanan, Jakarta, Prenhallindo
Yanuar, Qoraimah dan santoso (2013) .”Dampak kualitas produk, harga, promodi dan kualias pelayanan terhadap kepuasan pelanggan optic marlin cabang jember”. Jurnal Manajemen dan Bisnis
Published
2019-12-01
How to Cite
I Made Sukadana, & Komang Gita Krishna Murti. (2019). ANALISIS POSITIONING DARI PERSEPSI KONSUMEN TRANSPORTASI ONLINE (GRAB). ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), 122 - 133. https://doi.org/10.55822/asd.v12i2.11