MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK MELALUI INOVASI PRODUK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK YEH BULELENG

  • I Gusti Ketut Adi Winata STIE Satya Dharma
  • Putri Lestari STIE Satya Dharma

Abstract

Lingkungan perusahaan yang semakin kompettitif menimbulkan semakin banyak
barang-barang yang dihasilkan perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan
masyarakat, ,juga tidak lepas dari produk sejenis yang semakin banyak ditawarkan oleh
perusahaan pesaing di pasar.Perkembangan persaingan bisnis dalam usaha air minum
kemasan semakin ketat dalam menghasilkan dan menjual produknya, memberikan
pengaruh terhadap pandangan konsumen bahwa perusahaan harus memperkenalkan
dan memberitahu agar produk konsumen terdorong untuk membeli produk perusahaan
yang mereka promosikan. Oleh karena itu dalam penelitian ini mengkaji dari segi
inovasi dan kualitas produk sebagai variable yang mempengaruhi keputusan konsumen
dalam menkonsumi produk yeh buleleng.
Penelitian ini dilakukan pada dua distributor wulayah Singaraja yang
merupakan distributor dari PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi. Teknik analisis data
menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hal ini menunjukan bahwa inovasi dan
kualitas produk menjadi pertimbangan yang penting bagi konsumen untuk memutuskan
membeli produk ini. Pengaruh langsung inovasi produk terhadap keputusan pembelian
lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsungnya melalui kualitas produk.
Kesimpulan ini menunjukan inovasi produk dan kualitas produk memiliki peran yang
terpisah bagi konsumen sebagai pertimbangan untuk memutuskan membeli produk yeh
buleleng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachriansyah, Rizky Amalina. 2011.
“Analisis Pengaruh Kualitas
Produk, Daya Tarik Iklan,
dan Persepsi Harga Terhadap
Minat Beli Konsumen Pada
Produk Ponsel Nokia (Studi
Kasus Pada Masyarakat di
Kota Semarang)”. Fakultas
Ekonomi. Universitas
Diponegoro, Semarang.
Engel, Blackwell, dan Miniard. 1994.
Perilaku Konsumen. Jakarta :
Binarupa Aksara.
Fandy Tjiptono, dkk. 2008. Strategi
Pemasaran. Yogyakarta :
Andi.
Kotler, Bowen, dan Makens. 1999.
Customer Behaviour. 5 ed.
USA : Prentice Hall
Internasional.
Kotler, Philip dan Amstrong Garry.
2006. Prinsip-prinsip
Pemasaran. Edisi Ketiga.
Jakarta: Erlangga
Lembang, Rosvita Dua. 2010.
“Analisis Pengaruh Kualitas
Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan
Pembelian Teh Siap Minum
Dalam Kemasan Merek Teh
Botol Sosro ( Studi Kasus
Pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi S1 Reguler II
Universitas Diponegoro )”.
Fakultas Ekonomi.
Universitas
Diponegoro,Semarang.
Stanton, William J. 1996. Prinsip
Pemasaran. Jakarta :
Erlangga.
Sutojo, Siswanto. 1983. Kerangka
Dasar Manajemen
Pemasaran. Jakarta :
Percetakan Sapdodadi.
Tholib, M. 2001.”Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Perilaku
Konsumen dalam Membeli
Sabun Mandi di Kotamadia
Semarang”.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi
Pemasaran. 2 ed.
Yogyakarta: Andi.
Ujianto, Abdurachman. 2004.”
Analisis Faktor-Faktor yang
Menimbulkan
Kecenderungan Minat Beli
Konsumen Sarung ( Studi
Perilaku Konsumen Sarung
di Jawa Timur)”.Universitas
17 Agustus 1945 Surabaya.
Wibowo, Prabu Teguh. 2010.
Pengaruh Brand Awareness,
Brand Trust
Wiranugraha. 2010. “Analisis
Pengaruh Daya Tarik Produk,
Daya Tarik Iklan, Citra
Merek dan Kualitas Layanan
Terhadap Minat Beli
Notebook Acer ( Studi Pada
Peminat Notebook di Kota
Semarang )”. Fakultas
Ekonomi. Universitas
Diponegoro, Semarang.
Published
2016-03-01
How to Cite
I Gusti Ketut Adi Winata, & Putri Lestari. (2016). MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK MELALUI INOVASI PRODUK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK YEH BULELENG. ARTHA SATYA DHARMA, 9(1), 98-107. https://doi.org/10.55822/asd.v9i1.101