PENGARUH JARINGAN USAHA DAN HARGA TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN UMKM DI KABUPATEN BULELENG

  • Komang Krisna Tridipayana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Jaringan Usaha, Harga, Pengembangan Usaha, Keberhasilan UMKM

Abstract

Observasi ini tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai bagaimana Jaringan Usaha dan Harga, yang dimediasi oleh Pengembangan Usaha, dan memengaruhi Keberhasilan UMKM di Kabupaten Buleleng. Pendekatan yang dipakai yaitu kuantitatif, dengan akumulasi data menggunakan kuesioner yang disebar  ke Google Form dan melibatkan penelitian lapangan dengan skala Likert sebagai instrumen pengukuran. Responden yang terlibat merupakan pemilik usaha di sektor jasa, dagang, dan industri, dengan jumlah total 100 orang. Kajian data  memakai acuan persamaan struktural (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS),  memakai aplikasi SmartPLS. Hasil  observasi membuktikan Jaringan Usaha, Harga, dan Pengembangan Usaha berpengaruh positif dan berkelanjutan terhadap Keberhasilan UMKM. Selain itu, Jaringan Bisnis dan Harga juga berpengaruh positif dan berkelanjutan terhadap Pengembangan Usaha. Selanjutnya, Jaringan Bisnis dan Harga juga memiliki pengaruh positif dan berkelanjutan terhadap Keberhasilan UMKM melalui Pengembangan Bisnis.

 

References

Alberto, Kevin, (2019). Pengaruh Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada UKM Dina Kelurahan Ntobo. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.30812/target.v3i1.1175.
Fernando, Made Fajar, Ni Made Asti Aksari (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol , No.1,441-469.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponogoro: Semarang
Kotler, P., & Armstrong, G (2019). Principles of Marketing Global Edition 17th
Edition.London: Pearson Education.
Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i3.1252
Lestari, I., Astuti, M., Ridwan, H., Ekonomi, F., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner. 4(1), 111–118.
MD Alkachvi. (2019). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi produk terhadap Keberhasilan Usaha (Survey pada Pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukahaji Bandung)”. Elibrary.Unikom, 3(4), 12–69.
Nala Tri Kusuma. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Provinsi Yogyakarta. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
Purba, M. E (2019). Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada UMKM Tenun Gedogan Kota Bima). Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(4), 407–418. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i4.474.
Published
2024-10-01