Pengaruh Disiplin Kerja, Keterampilan Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Banyualit Spa’n Resort Lovina

  • Komang Puspawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: disiplin, keterampilan, pengalaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, 1) disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, 2) keterampilan kerja terhadap kinerja karyawan, dan 3) pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Banyualit Spa’n Resort Lovina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah  berupa dokumentasi dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Analisis Regresi Linear Berganda dan Koefisien Determinasi. Pengujian model yang digunakan yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan, 1) disiplin kerja secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 2) keterampilan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 3) pengalaman kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan 4) disiplin kerja, keterampilan kerja dan pengalaman kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Adnyana, P. A., Rianita, N. M., & Kasih, N. L. S. (2021). Digital-based Performance Management Concept Within an Effort to Improve Employee Performance BUMDes During the Covid-19 Pandemic. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 249-255.
Astana, I. G. M. O. (2021). Ecommerce Strategy Towards Shopee Consumer Behaviour In Online Shopping Through Electronic Word Of Mouth (EWOM) Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 593-598.
Astana, I. G. M. O. (2021). Strategies to Create Competitive Advantage Through Promotions at Samana Resto Villa and Catering. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 242-248.
Ayuni, N. M. S., Budiasni, N. W. N., & Budiartiwi, L. P. S. (2021). PENTINGNYA LIKUIDITAS DI KOPERASI MITRA DANA MANDIRI. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 6(2), 90-97.
Budiasni, N. W. N., & Ayuni, N. M. S. (2021). Accountability: Efforts to Prevent Rush Money at Village Credit Institutions. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 207-213.
Budiasni, N. W. N., Ayuni, N. M. S., & Eliasih, D. K. (2021). Analisis Profitabilitas Lembaga Perkreditan Desa Berdasarkan Cash Turnover, Credit Turnover Dan Receivable Turnover. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 6(2), 53-62.
Dewi, M. S., Dewi, K. T. S., & Ferayani, M. D. (2021). Assessing the Ethical Behavior of Accounting Accounts Through the Application of the Tri Kaya Parisudha Philosophy on Equity Sensitivity and Ethical Sensitivity. International Journal of Social Science and Business, 5(3), 361-366.
Jayanti, K. N., & Dewi, K. T. S. (2021). Dampak Masa Kerja, Pengalaman Kerja, Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan bisnis, Akuntansi, 1(2), 75-84.
Marlina, N. (2018). Tugas Akhir Pengaruh Keterampilan Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Sumsel Syariah Palembang (Doctoral dissertation, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang), 1-96
Nopiyani, P. E., Sanjaya, N. M. W. S., & Kartika, R. D. (2021). The Effect Credit Restructuring Relaxation on Financial Performance in LPD Buleleng Regency During the Pandemic of Covid-19. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 475-480.
Nurkariani, N. L., & Kusuma, G. P. E. (2021). Customers Loyalty Through Experiential Marketing on The Salon Crisni in Singaraja. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 220-225.
Paramarta, W. A., & Reny, N. K. (2014). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Intensi Keluar Karyawan. Sekolah Tinggi Ilmu (STIE) Ekonomi Triatma Mulya, 20(1), 23-39.
Profil Hotel Banyualit Spa’n Resort Lovina (2021)
Rahmiati, R. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Pengalaman Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Finansia Multi Finance di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Ratulangi, R. S., & Soegoto, A. S. (2016). Pengaruh pengalaman kerja, kompetensi, motivasi terhadap kinerja karyawan (Studi pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen, UniversitasSam Ratulangi Manado 4(4), 322-334.
Sugiartana, Made. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Melalui Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Darwis Tunjung Mekar Desa Sambangan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja, 1-33.
Silalahi, J. R. (2019). Skripsi Pengaruh Keterampilan Dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perum Perumnas Regional 1 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area), 1-58.
Sembodo, Y. A. (2020). Skripsi Pengaruh disiplin kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan: Studi kasus pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim), 1-124.
Suardika, I. K., & Dewi, M. S. (2021). The Impact of Brand, Product Quality and Price on Sales Volume of Samana Mart Stores. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 256-261.
Suardika, I. K., & Dewi, M. S. (2021). Effectiveness of Non-Performing Loans Management at the Penglatan Traditional Village Credit Institution (LPD). International Journal of Social Science and Business, 5(4), 599-606.
Trisnawati, N. L. D. E., Kartika, R. D., & Kasih, N. L. S. (2021). Business Continuity: Application of The Value of Catur Purusa Artha and Product Innovation in Holding Company of BUMDes. International Journal of Social Science and Business, 5(3), 303-310.
Trisnawati, N. L. D. E., Kartika, R. D., & Kasih, N. L. S. (2021). Business Continuity: Toward to the Holding Company of BUMDes in Buleleng Regency. International Journal of Social Science and Business, 5(2).
Tulus, Drs. Moh. Agus 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1-124.
Yani, L. S.P (2020). Skripsi Pengaruh Brand Image, Service Excellent, dan Prduct Quality Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT.BPR INDRA CANDRA. Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja, 1-70.
Published
2022-10-24