Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tone Of Voice Dan Corporate Branding Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai dampak kualitas layanan, tone of voice, dan citra perusahaan terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian melibatkan semua konsumen, dan sampel yang digunakan terdiri dari 95 konsumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, pengujian asumsi klasik, penilaian kesesuaian model (goodness of fit), serta pengujian hipotesis (uji t) dengan perangkat lunak SPSS Versi 20 untuk Windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas layanan memberikan dampak positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Planet Ban. Kualitas layanan yang berkualitas tinggi mampu meningkatkan keputusan pembelian para konsumen selama berbelanja. Tone of voice juga memiliki dampak positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Planet Ban. Tone of voice membantu konsumen mengidentifikasi merek yang ditawarkan oleh perusahaan, yang pada gilirannya meningkatkan keputusan pembelian mereka. Selain itu, citra perusahaan juga memiliki dampak positif dan signifikan pada keputusan pembelian di Planet Ban. Manajemen citra perusahaan yang baik memiliki nilai tersendiri di mata konsumen dan berpotensi meningkatkan keputusan pembelian mereka.
References
Asmaul, (2021) Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop.
Dickinson, S. J., & Heath, T. (2008). Cooperative Brand Alliances: How to Generate Positive Evaluations. Australasian Marketing Journal.
Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fandi. Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.
Faridha.2018. Pengaruh Corporate branding Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Ekuitas Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Inovasi. Vol. 8, No. 2, Juni 2017: 134-156
Gommans, Freya. 2020. The effects of crisis response strategy, Tone of voice and culture on consumers’ responses to organizational crisis communication on Instagram. Disertasi Radboud University Nijmegen.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Ibrahim. Hudan Majid.2019. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kedai Kopi “Kopikitakami” Di Kabupaten Temanggung). Diponegoro Journal Of Management. Volume 8, Nomor 4,Tahun 2019,Halaman 55-67
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Lupioyadi. Rambat. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Maramis, Steyfli. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Air Manado. Jurnal emba Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1658 – 1667
Parasuraman, A., Valarie A.,Zeithmal., Leonard L.B., Delivering Quality Service –Balancing Customer Perception and Expectations, The Free Press, 1990
Ramadhan, Koemar. 2020. Strategi Corporate branding Melalui Integrated Marketing Communication (IMC) PT Petrokimia Gresik. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat.No 3 Vo. 3
Rita. Paulo. 2022. Impact of the rating system on sentiment and tone of voice: A Booking.com and TripAdvisor comparison study. International Journal of Hospitality Management. Vol 104
Roosens, B., Dens, N., & Lievens, A. (2019). Quid pro quo: The impact of explicit brand mentions and reciprocity in brand alliance communications. European Journal of Marketing, 53(2).
Rudy Setiawan, (2021) Pengaruh Kredibilitas Public Figure terhadap Keputusan Pembelian (Survei Penggunaan Brand Ambassador Chelsea Islan dalam Kampanye Pink Voice Starbucks).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tawaqal, R. S., Setianti, Y., & Setiawan, W. 2018. Corporate branding Kepolisian Negara Republik Indonesia Dalam Gerakan Anti Hoax. Jurnal Komunikasi, No.9 Vol. 1.
Yulianto, Erwin. 2019. Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Diklat Menggunakan Metode Servqual Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi (Studi Kasus: Balai Diklat Metrologi). Media Jurnal Informatika Vol. 11, no.1, Juni 2019
Yuni Sarah, (2020) Pengaruh Green Marketing, Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian.
Zakawali, Gifari.2023. Pentingnya Tone of voice Bagi Brand dan Cara Menerapkannya. Store Sirclo. Diakses 4 juni 2023 dari. https://www.store.sirclo.com