KOMPETENSI KURIKULUM SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SATYA DHARMA DALAM MENINGKATKAN KESIAPAN KERJA LULUSANNYA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode checklist. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kompetensi kurikulum di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma dalam meningkatkan kesiapan kerja lulusannya. Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, sikap, serta kemampuan yang harus dimiliki seseorang sebagai penunjang untuk dapat melaksanakan suatu tugas dalam bidang tertentu. Kesiapan kerja merupakan perpaduan atau keselarasan perkembangan fisik dan psikis serta pengalaman belajar. Individu juga diharapkan untuk memperoleh kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan tertentu. Kurikulum seperangkat rencana dan pengaturan hasil belajar lulusan, bahan kajian, kegiatan dan evaluasi yang menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini mengambil sample seluruh mahasiswa semester 8 reguler pagi program studi S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja. Metode pengumpulan data menggunakan metode checklist dan dokumentasi. Hasil analisis checklist menunjukkan bahwa kurikulum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma sudah mampu dan sesuai dengan peningkatan kompetensi mahasiswa baik dari segi penguasaan ilmu pengetahuan maupun praktek dilapangan.
References
Anisa Lestari, dkk. (2020). Pelatihan Personal Branding Bagi Persiapan Pengembangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir. International Journal Of Community Service Learning. Vol. 4, No. 4. ISSN: 2579 -7166.
Aulia, Nur Syaila. 2017. Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Tenggarong. Ejournal Psikologi Fisip Universitas Mulawarman, Vol. 5 No. 3, Hal 466-476.
Bramanti, Ratna. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi, Kemampuan Komunikasi, Adaptabilitas, Work Ethics, Logical Thinking, dan Penguasaan Teknologi Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi. Vol, 9. No. 6.
Cahyadiana , W. (2020). Pengaruh Hard Skill dan Soft Skill Terhadap Self Efficacy Mahasiswa. Jurnal Psikovidya, 24(1), 1-8.
Cahyaningrum, Martono. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Bimbingan Karir, Penguasaan Soft Skill, dan Kompetensi Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal. Vol. 7, No. 3. ISSN 2252-6544
Harahap, Sagala. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Paramedis. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 16, No. 1. ISSN 0216 – 7743.
Hayati, Yulianto. (2021). Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Journal Civic And Social Studies. Vol. 5, No. 1. ISSN : 2655-7304.
Latief, dkk. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Pada Madrasah Aliyah Negeri Di Kota Palu. e Jurnal Katalogis, Volume 5 Nomor 3, Maret 2017 hlm 67-77
Martin, Simanjorang. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Vol. 1, No. 1.
Maulana, A. (2019). Hubungan Pelaksanaan Praktik Industri Dengan Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di Smk. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif, 2(1).
Muspawi, Lestari. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi. Vol. 4, No. 1. ISSN: 2656-3320
Nur Adam, dkk. (2021). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pada Karyawan Hotel Niagara Parapat. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol. 2, No. 1
Prawiyogi, dkk. (2020). Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Model Sertifikasi Kompetensi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal. Vol. 1, No. 1. ISSN: 2722-6255
Primayana, Hengki. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke-1. Vol. 3, No. 1. ISBN 978-602-53984-1-4
Qatrunnada, dkk. (2022). Strategi Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Abdi Psikonomi. Vol. 3, No. 4.
Rahmanto, Kuncoro. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kesiapan Kerja Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU). ISSN. 2720-9148
Ria, A., & Zainuddin, D. (2019). Kualitas lulusan dan orientasi bidang pekerjaan terhadap kemampuan menghadapi persaingan kerja pada mahasiswa perguruan tinggi. Research and Development Journal of Education, 5(2), 39-50.
Syardiansah, Safuridar. (2021). Pengaruh Fasilitas, Minat dan Motivasi Terhadap Pengembangan Kompetensi Mahasiswa di Masa Pandemic Virus Corona-19. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). Vol. 3, No. 3. ISSN2622-3740
Setiawan, Yusnaini. (2021). Pengaruh Locus Of Control dan Kompetensi Diri terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa IAIN Lhokseumawe. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3, No. 6. ISSN 2656 – 8071.
Stevani, M., & Santoso, T. G. (2019). Analisis Pengaruh Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Beradaptasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Celebrity Fitness Galaxy Mall. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Suwarno, S., & Hendi, H. (2018). Analisis Pengaruh Blended Learning dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Mahasiswa. Computer Based Information System Journal. Vol. 6, No. 2. Hal 1-8.
U Sidiq, dkk. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Penerbit: CV. Nata Karya. Jakarta
Widiasworo Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzzoMedi.
Wandasari, Putri. (2019). Hubungan Efektivitas Pelatihan Dengan Kesiapan Kerja Pada Calon Tenaga Kerja yang Telah Mengikuti Pelatihan Pemagangan. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol 7, No 2. Hal. 311-318. ISSN: 2477-2666
Zulaikah, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 40 Purworejo. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4, 193–218.