Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Sales Promotion Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Indomaret Seririt 3
Wendy
Abstract
Abstrak
Perkembangan industri retail dapat dilihat dari semakin banyaknya usaha retail yang bermunculan, terutama dalam sektor pasar modern. Hal ini membuat persaingan semakin ketat dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan pada umumnya ingin berhasil dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Sales Promotion Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Indomaret Seririt 3.
Sampel penelitian ini adalah 75 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji kelayakan model (goodnness of fit) dan uji hipotesis (T- Test) dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Komunikasi Pemasaran berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen di Indomaret Seririt 3. (2)Sales Promotion berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen di Indomaret Seririt 3. (3)Potongan Harga berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen di Indomaret Seririt 3.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Sales Promotion, Potongan Harga, Minat Beli
References
AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012.Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.
Agustinus,Kristian, 2006, Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen, Tasikmalaya
Akbar Andi Permana, 2018, Pengaruh Personal Selling dan Sales Promotion Terhadap Purchase Intention Pada Produk Peralatan Alat Kantor, Malang
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Angelica, Diana dan Ria Cahyani. 2009. Pemasaran Dasar Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.
Anggit Yoebrilianti, 2014, Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator, Bandung
Ariska, N., & Wijaksana, T. I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang (studi Pada Konsumen Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung). eProceedings of Management, 4(3).
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers
Beta Amrina Rosyada. 2015. Analisis Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen di Hypermart Kota Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 6 No.
Buchari, Alma, 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : CV. Alfabeta.
Carissa, T., & Aruman, A. E. (2017). Pengaruh Sales Promotion Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Membeli Dalam Mobile Legends. 1–11.
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi. Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas
Diponegoro. Semarang.
Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Yogyakarta : Deepublish.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga. p125
Kurnia, Rafly Alfian Dwi, Martina Rahmawati Masitoh dan Muhammad Nurhaula Huddin. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada Followers Instragram Mcdonald’s Indonesia). Jurnal Ekonomi Vokasi. Vol. 4, No. 1. pp. 23-37.
Kusnawan, A., Silaswara, D., Andy, & Sefung, T. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5.
Lembang, D. R. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca terhadap Keputusan Pembelian The Siap Minum dalam KemasanMerek The Botol Sosro. (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro) Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.
Prihastama, Brian. 2016. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Minimarket. Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahma, Eva Seila, 2007, Analisis pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap minat beli dan berdampak pada keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis. Universitas Diponegoro
Sinaga, Bona Aripin dan Sulistiono. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. Vol. 8, No. 2. pp. 79-94.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Buku Ajar Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.