PERAN PENGETAHUAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN KREATIVITAS TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pengetahuan, motivasi, dan kreativitas terhadap minat berwirausaha mahasiswa STIE Satya Dharma Singaraja, Jurusan Manajemen Reguler Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angkat/kuesioner dengan alat ukur berupa skala likert dan Teknik pengambilan sampel menggunakan posposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) terdapat peran yang signifikan antara pengetahuan berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa STIE Satya Dharma Singaraja, Jurusan Manajemen Reguler Pagi, hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan menjadi faktor pendorong peningkatan minat berwirausaha, (2) terdapat pengaruh antara motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa STIE Satya Dharma Singaraja, Jurusan Manajemen Reguler Pagi, (3) terdapat pengaruh antara kreativitas berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa STIE Satya Dharma Singaraja, Jurusan Manajemen Reguler Pagi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan, motivasi, kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin tinggi pula minat berwirausaha mahasiswa STIE Satya Dharma Singaraja, Jurusan Manajemen Reguler Pagi.
References
Budiati, Y., Yani, T., & Universari, N. (2018). Minat Mahasiswa menjadi Wirausaha (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. Jurnal DINAMIKA SOSBUD. Vol. 14, No. 1.
Djaali. (2019). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadiati, A., & Purwana, D. (2019). Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fajar, A., Syam, A., Rahmatullah, Rakib, M., & Tahir, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kreativitas Kewirausahaan terhadap Minat Berwirusaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makssar. Indonesian Journal of Social and Educational Studies. Vol. 1, No. 2.
Fajar, W. (2019). Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Seyegen. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta.
Hendro. (2021). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hidayat, A. (2020). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Koranti, K. (2021). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal PESAT. Vol. 5, No.1.
Kotler, P., & Keller, K. (2020). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kuntowicaksono. (2021). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. The Journal of Economic Education. Vol.1, No. 1. ISSN: 2152-4068.
Muchtar, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Economic Education Analysis Journal. Vol. 1, No. 1. ISNN:2301-7341.
Mulyasa, E. (2021). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2020). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Notoatmodjo. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nurbaya, S., & Moerdiyanto. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII SMKN Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Artikel Siti-Murdi, hlm. 3.
Puspitaningsih, F. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha melalui Motivasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. Vol. 2, No. 2.
Rahmadi, A., & Heryanto, B. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. Vol. 2, No. 2.
Rusdiana. (2019). Kewirausahaan Teori dan Praktek. Cetakan ke 3. Bandung: CV. Pustaka Setia