KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN BULELENG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PANTAI LOVINA (STUDI KASUS)
Buleleng District Tourism Office Marketing Communication in Increasing Tourist Visits to Lovina Beach (Case Study)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Pantai Lovina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu memaparkan data dengan cara menerangkan, memberi gambaran yang tersimpul kemudian. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Pantai Lovina, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng menggunakan strategi komunikasi secara langsung yaitu dengan melakukan promosi melalui pengadaan event maupun pameran. Sedangkan strategi komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung yaitu dengan menggunakan media cetak seperti baliho, poster, spanduk, brosur dan leaflet, media digital/media sosial seperti instagram, facebook, youtube dan website. Media sosial/digital saat ini adalah strategi yang dapat dengan mudah dilakukan karena dapat menjangkau lebih banyak sasaran.
References
BPS Provinsi Bali. 2023. Perkembangan Pariwisata Provinsi Bali
Bungin, B., 2015. Komunikasi Pariwisata: Brand and Destination. Prenada Media Group. Jakarta.
Gani, A.G., 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2).
Hadiwijoyo, S.S., 2012. Perencanaan pariwisata perdesaan berbasis masyarakat: Sebuah pendekatan konsep. Graha Ilmu.
Kurniawati, D. and Arifin, N., 2015. Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 1(2).
Kushwaha, B.P., Singh, R.K., Varghese, N. and Singh, V.N. 2020. Integrating social media and digital media as new elements of integrated marketing communication for creating brand equity. Journal of Content, Community & Communication, 11(6), pp.52-64.
Mulitawati, I.M. and Retnasary, M. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram@ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 4(1), pp.23-38.
Nofrion, K.P., 2016. Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Pertama. Kencana Perdana Media Group, Jakarta.
Normina, H., 2017. Masyarakat Dan Sosialisasi. Ittihad, 12(22), Pp.107-115.
Octavia, V. and Suryadana, M.L., 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Permana, B.A., 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Museum Kars Indonesia (Doctoral dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Putri, N.W.E., 2019. Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Di Buleleng. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(1).
Rahma, A., 2018. Event sebagai salah satu bentuk strategi komunikasi pemasaran produk fashion nasional (event tahunan Jakcloth). Nyimak: Journal of Communication, 1(2), pp.149-169.
Setiawan, I.B.D., 2015. Identifikasi Potensi Wisata Beserta 4a (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancilliary) Di Dusun Sumber Wangi, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.
Sudarman, A., 2018. Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), pp.39-58.
Sukmadewi, N.P.R., Putra, I.N.D. and Suardana, I.W., 2019. Potensi dan Pengembangan Desa Wisata Suranadi di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 5, p.424.
Syamsul, M.A., 2018. Education as a Foundation of Humanity: Learning from the Pedagogy of Pesantren in Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 9(2), pp.104-123.