STRATEGI BERWIRAUSAHA PADA TOKO RITEL TRADISIONAL DI DESA KALIBUKBUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

  • Putu A.se Sudiasa Sri Marchin STIE Satya Dharma Singaraja
Keywords: Strategi Berwirausaha, Toko Ritel Tradisional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi berwirausaha pada toko ritel tradisional di Desa Kalibukbuk dalam menghadapi persaingan.  Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai para responden (informan). Teknik analisa data dapat dilakukan dengan model analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi pemasaran yang diterapkan toko ritel tradisional di Desa Kalibukbuk adalah memberikan harga produk dibawah harga pesaing, melakukan promosi penjualan personal, melakukan promosi media sosial marketing lewat aplikasi Facebook, dan memberikan potongan harga pada minimal pembelian. (2) Strategi bertahan yang diterapkan toko ritel tradisional di Desa Kalibukbuk adalah pertama, memberikan pelayanan yang maksimal seperti bersikap ramah, responsif dan reaktif terhadap kebutuhan konsumen, menjaga keepercayaan konsumen, menjaga kualitas produk. Kedua, menyediakan produk sesuai kebutuhan masyarakat di Desa Kalibukbuk. Ketiga, menyediakan layanan delivery tanpa dikenai ongkos kirim dan minimal pembelian. Keempat, rutin menambah produk baru yang memiliki peluang laku di pasaran. Kelima, menjual produk yang tidak disediakan toko ritel modern. (3) Strategi pengembangan yang diterapkan toko ritel tradisional di Desa Kalibukbuk adalah menggunakan tabungan pribadi sebagai modal usaha dan laba yang didapat selanjutnya diputar untuk mengelola toko, tidak melayani hutang demi menghindari modal macet, memperhatikan display produk agar rapi dan sesuai kategori, dan memperhatikan interior toko seperti pencahayaan atau tata letak rak.

References

AB, A., Sagir, J., & Husnan, L. H, 2021, Analisis Strategi Toko/Ritail Tradisional Dalam Penghadapi Minimarket/Ritail Modern di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Distribusi, No. 2, Vol. 9 , 171-192.

Alfansyur, A., & Mariyani, 2020, Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, No. 2, Vol. 5, 146-150.

Alimin, E., Eddy et.al, 2022, Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern), Cetakan ke-1 , Batu Layar: Seval Literindo Kreasi (Penerbit SEVAL).

Arafah, M, 2020, Analisis SWOT Pedagang Pasar Palaka Dalam Menghadapi Persaingan Usaha, Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, Vol 3, No 1, 131-142.

Dewi, K., Yaspita, H., & Yulianda, A, 2020, Manajemen Kewirausahaan, Cetakan ke-1 , Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fadhil, M. A., & Hakim, M. L, 2023, Strategi Meningkatkan Penjualan Beras di Toko Ritel Barokah Jaya Surabaya Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, Volume 6, Nomor 1, 22-48.

Hasan, M., Roslan el.al, 2021, Kewirausahaan, Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Hawari, A. F., & Susanti, E. D, 2023, Analisis Strategi Pemasaran Guna Memasuki Pasar Online Dalam Menghadapi Persaingan Selama Pandemi Covid-19 pada Bisnis Retail Toko "Bintang". Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, Volume 5, Nomor 1, 438-452.

Indah, S., Soeslistyo, A., & Suliswanto, M. S, 2019, Studi Persaingan Usaha Toko Ritel Tradisional Dan Toko Ritel Modern di Desa Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 3, No. 2, 285-295.

Jaya, I. M, 2020, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Cetakan ke-1 , Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Martoyo, A., Susilawati et.al, 2022, Manajemen Bisnis, Cetakan ke-1 , Makasar: Tohar Media.

Nainggolan, H., Hastuti, D., Hendriyani, D. C., Haryani, D., Hernando, R., Dulame, I. M., . . . Wijaya, B. K. (2023). Manajemen Pemasaran (Implementasi Manajemen Pemasaran pada Masa Revolusi Industri 4.0 menuju era Society 5.0). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Paramansyah, A, 2022, Manajemen Strategis Strategi, Konsep, & Proses Organisasi, Cetakan ke-1 , Bekasi: Pustaka Al-Muqsith.

Pekerti, L. G, 2022, Menelisik Strategi Daya Saing Dan Ketahanan Usaha di Tengah Maraknya Toko Modern, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 7, No 2, 157-166.

Purwadisastra, D, 2021, Strategi Ritel Konvensional Modern Dalam Menghadapi Persaingan Pada Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 8, No 1, 187-192.

Sampe, F., Suhardi et.al, 2023, Manajemen Strategis (Teori Dan Implementasi), Cetakan ke-1, Banten : PT Sada Kurnia Pustaka.

Sundari, A., & Syaikhudin, A. Y, 2021, Manajemen Ritel - Teori dan Strategi dalam Bisnis Ritel. Cetakan ke-1 , Lamongan: Academia Publication.

Thian, A, 2021, Kewirausahaan - Untuk Mahasiswa dan Umum, Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Wantara, P., Irawati, A., Werdi, W. S., & Purwanto, H. (2022). Manajemen Pemasaran Garam. Malang: Media Nusa Creative.

Yam, J. H, 2020, Manajemen Strategi - Konsep & Implementasi. Cetakan ke-1 , Makasar: Nas Media Pustaka.
Published
2024-07-01