Penerapan Marketing 4.0, Experiental Marketing Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Kutul Desa Pucaksari
Abstract
Tujuan riset ini ialah untuk mengetahui dampak penerapan marketing 4.0, experiental marketing dan lokasi kepada kepuasan konsumen. Riset ini dilakukan pada Warung Kutul Desa Pucaksari. teknik pengumpulan data mempergunakan kuesioner. Sampel yang diambil sebanyak 61 responden. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda, analisis korelasi, analisis determinasi dan uji hipotesis dengan uji t. data analisis dengan program SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan variabel marketing 4.0 berdampak positif serta signifikan kepada kepuasan konsumen. Variabel experiental marketing berdampak positif serta signifikan kepada kepuasan konsumen pada Warung. Variabel lokasi berdampak positif serta signifikan kepada kepuasan konsumen pada Warung Kutul. Adapun beberapa indikator dari ketiga varibel yang memiliki pengaruh yang kecil yaitu dari indikator optimalisasi keingintahuan konsumen, tingkat komitmen dan relate (hubungan).
The purpose of this study is to determine the effect of the application of marketing 4.0, experiential marketing and location on consumer satisfaction. This research was conducted at Warung Kutul Pucaksari Village. Data collection techniques using questionnaires. The sample was taken as many as 61 respondents. Data analysis techniques used multiple linear regression, correlation analysis, determination analysis and hypothesis test with t-test. data analysis with SPSS 18.0 for windows program. The results showed that the Marketing 4.0 variable had a positive and significant effect on Consumer Satisfaction. Experiential Marketing variables have a positive and significant effect on Consumer Satisfaction at Stalls. Location variables have a positive and significant effect on Consumer Satisfaction at Warung Kutul. There are several indicators of the three variables that have little influence, namely from indicators of optimizing consumer curiosity, level of commitment and relate (relationship).
References
Alfirahmi. (2019). Fenomena kopi kekinian di era 4 . 0. Jurnal lugas, 3(1), 24–32.
Aziz, f. I., & sudarwanto, t. (2020). Pengaruh dimensi experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan di mulyo redjo jombang. Bima : journal of business and innovation management, 3(1), 113–126. Https://doi.org/10.33752/bima.v3i1.314
Dahliani, y., & ahwal, r. H. (2021). Kajian pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada gieselin food sukser makmur di jember. Jurnal inovasi penelitian, 2(1), 181–190.
Gunawan, i. (2022). Customer loyalty: the effect customer satisfaction. Dalam experiential marketing and product quality. Kinerja: jurnal manajemen organisasi dan industri (vol. 1, nomor 1).
Hendayana, y., & solichati, u. (2021). Pengaruh experiential marketing dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen pengguna marketplace shopee di kota bekasi. Jurnal manajerial, 20(2), 233–241. Https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i2.29998
Kotler. 2019. Marketing 4.0: bergerak dari tradisional ke digital. Jakarta: gramedia pustaka utama.
Ningrum, s. S., mardhiyah, a., & ... (2022). Pengaruh penerapan experiential marketing strategy dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan junction cafe medan). … and creative industry, 1(2), 13–26. Https://talenta.usu.ac.id/jba/article/view/9557%0ahttps://talenta.usu.ac.id/jba/article/download/9557/5237
Sefudin, a., & darwin, m. (2020). Perbandingan teori disrupsi pada marketing di era industri 4.0 menurut hermawan kartajaya dan rhenald kasali. Dalam komitmen: jurnal ilmiah manajemen (vol. 1, nomor 2).
Yanti febrini, i., widowati pa, r., & anwar, m. (2019). Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang di warung kopi klotok, kaliurang, yogyakarta. Jurnal manajemen bisnis,10(1),35–54. Https://doi.org/10.18196/mb.10167