A Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Penggunaan Teknologi Informasi, Pelatihan Dan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Buleleng

  • Luh Martina Sulistya STIE SATYA DHARMA
  • Ni Kadek Ayu Trisnadewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Teknologi Informasi, Pelatihan, Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai

Abstract

ABSTRAK

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Buleleng dengan teknologi di gunakan oleh para pegawai untuk meningkatkan hasil pekerjaannya. Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Buleleng dengan pelatihan yang diberikan kepada para pegawai, mampu memberikan dampak pada hasil pekerjaan, ini disebabkan pegawai sudah mengikuti pelatihan akan mampu menerapkan hasil pelatihannya. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Buleleng dengan kualitas pelayanan yang baik dari para pegawai dalam melayani masyarakat tentu akan memberikan pemgaruh terhadap kinerja para pegawai. Berdasarkan hasil perhitungan uji f diketahui bahwa teknologi informasi, pelatihan dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kinerja pegawai memberikan pengaruh secara positif dan signifikan.

 

Kata Kunci : Teknologi Informasi, Pelatihan, Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai.

 

 

ABSTRACT

 

The results of this research show that information technology has a positive and significant effect on employee performance at the Family Planning Extension Center Office, Buleleng District, with technology used by employees to improve their work results. Training has a positive and significant effect on employee performance at the Buleleng District Family Planning Extension Office. The training provided to employees is able to have an impact on work results, this is because employees who have attended training will be able to apply the results of their training. Service quality has a positive and significant effect on employee performance at the Buleleng District Family Planning Extension Office. Good service quality from employees in serving the community will certainly have an influence on employee performance. Based on the results of the f test calculations, it is known that information technology, training and service quality have a positive and significant influence on employee performance.

 

Keywords : Information Technology, Training, Service Quality and Employee Performance.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen pemasaran. Rajawali Pers.
Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Teori, konsep dan indikator). Riau: Zanafa Publishing, 3.
Anggereni, N. W. E. S. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Perkreditan Desa (Lpd) Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 606–615.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.
Atho’illah, A. Y. (2018). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Koperasi Pondok Pesantren Mambaul Khoiriyatil Islamiyah (Mhi) Jember. OECONOMICUS Journal of Economics, 3(1), 1–20.
Fitriani, D. (2018). Analisis pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Pontianak. Cogito Smart Journal, 4(1), 160–170.
Hasibuan Malayu, S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi, cetakan keduapuluh tiga. Penerbit: Bumi Aksara, Jakarta.
Herdiyathi, A., & Prianggono, J. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Pelatihan Penyidik/Penyidik Pembantu Terhadap Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi E-Manajemen Penyidikan. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 86–96.
Jono, A., Rahwana, K. A., & Sutrisna, A. (2022). Analisis Kinerja Karyawan Berdasarkan Pelatihan Kerja dan Disiplin Kerja Pada PD. Bakso Momo Jaya Tasikmalaya. Journal of Indonesian Management (JIM), 2(3), 559–566.
Kotler, P. (2018). Manajemen pemasaran jilid 1.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Kusjono, G., & Ratnasari, P. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sumber Tenaga Lestari (Citylight Apartment) Tangerang Selatan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 2(2), 224.
Larasati, S. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Deepublish.
Mangkunegara, A. A., & Prabu, A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, cetakan 14, PT. Remaja Rosdkarya Offset, Bandung.
Mbojo, I. P. S. (2022). Kebijakan dan Kinerja BPKAD dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah Kota Bima. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Novita, D. (2020). Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 7(1), 29–41.
Primawanti, E. P., & Ali, H. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Informasi Berbasis Web Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Executive SSkripsiort Sistem (Ess) for Business). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 267–285.
Rachmadi, A., Hairudin, H., & Jayasinga, H. I. (2020). Pengaruh pelatihan dan kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan pada kantor Bpjs ketenaga kerjaan Lampung I. Smooting, 18 (3), 239–253.
Sedarmayanti, H. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia; Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Reflika Aditama.
Shintia, I. R., & Riduwan, A. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Motivasi Kerja Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(3).
SUARTINA, I. W., MAHAYASA, I. G. A., TUTY, T. I., & WILYADEWI, I. D. A. I. D. A. Y. U. Y. (2019). Peningkatan Kualitas Layanan, Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Konsumen Melalui Pelatihan Softskill (Program Pengabdian Kepada Masyarakat Pada BKS LPD Ubud). Jurnal Sewaka Bhakti, 2(1), 8–20.
Sudaryo, Y., & Kusumawardani, A. (2020). PENGARUH BUDAYA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN BERBASIS HUMAN RESOURCES (HR) SCORECARD DI PT LEN INDUSTRI SUBDIVRE BANDUNG. Jurnal Indonesia Membangun, 19(1), 46–56.
Sudyantara, S. C., Sari, M. D., & Dewi, S. (2022). MENUMBUHKEMBANGKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SISWA MELALUI PELATIHAN BISNIS DI SMK PGRI DONOROJO KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN. PKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 59–65.
Sugiyono, D. (2019). Statistika untuk Penelitian (Cetakan ke-30). Bandung: Cv Alfabeta.
Tjiptono, F. (2022). SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.
Varkkey, B., & Dessler, G. (2018). Human Resource Management 15th Edition (Revision). Pearson Education India New Delhi.
Wirawan, I. K., Widiadnya, I. B. M., & Widyawati, S. R. (2022). PENGARUH KOMPENSASI, DISIPLIN KERJA, DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA KESARI HAVEN VILLA DENPASAR. EMAS, 3(2), 119–134.
Published
2023-10-23