A Pengaruh Komitmen,Budaya Organisai Dan Kepemimpinan Visioner Terhadap Disiplin Kerja Guru Pada Gugus VIII Kecamatan Buleleng
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen, budaya organisasi dan kepemimpinan visioner terhadap disiplin kerja guru di Gugus VIII Kabupaten Buleleng. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji f, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa komitmen terhadap disiplin kerja guru memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan. Hal tersebut ditunjukan pada hasil uji hipotesis dengan angka thitung = 3.689 > t tabel = 1,674 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Budaya organisasi terhadap disiplin kerja guru memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dimana Budaya Organisasi mempunyai nilai thitung = 6.395 > t tabel = 1,674 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kepemimpinan visioner terhadap disiplin kerja guru memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dimana Kepemimpinan Visioner mempunyai nilai thitung = 2.711 > t tabel = 1,674 dengan tingkat signifikan sebesar 0,009 < 0,05. Berdasarkan hasil uji f diketahui bahwa f hitung sebesar 20.142 > f tabel = 2.78 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000< 0,05, maka dapat disimpulkan variabel Komitmen (X1), Budaya Organisasi (X2) dan Kepemimpinan Visioner (X3) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Disiplin Kerja Guru (Y).
Kata Kunci : Komitmen, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Visioner dan Disiplin Kerja Guru.
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of commitment, organizational culture and visionary leadership on the work discipline of teachers in Cluster VIII Buleleng Regency. The analysis technique used in this research is validity and reliability test, classic assumption test, multiple linear regression analysis, coefficient of determination, f test, and hypothesis testing.
The results of the study show that commitment to teacher work discipline shows a significant effect. This is shown in the results of hypothesis testing with t count= 3.689 > t table = 1.673 with a significant level of 0.001 <0.05. Organizational culture on teacher work discipline shows a significant influence. It can be seen from the results of hypothesis testing where Organizational Culture has a value of t count= 6,395 > t table = 1.673 with a significant level of 0.000 <0.05. Visionary leadership on teacher work discipline shows a significant influence. This can be seen from the results of the hypothesis test where Visionary Leadership has a value of tcount = 2,711> ttable = 1.673 with a significant level of 0.009 <0.05. Based on the results of the f test it is known that fcount is 20,142 > f table = 2.78 with a significance level of 0.000<0.05, it can be concluded that the variables Commitment (X1), Organizational Culture (X2) and Visionary Leadership (X3) have a significant positive influence on Discipline Teacher Work (Y).
Keywords : Commitment, Organizational Culture, Visionary Leadership and Teacher Work Discipline.
References
Arifin, A. (2020). Pengaruh Komitmen Guru Dan Strategi Pembelajaran Terhadap Prestasi Dan Mutu Sekolah Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kabupaten Sumenep. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 154–164. Https://Doi.Org/10.35673/Ajmpi.V10i2.995
Brier, J., & Lia Dwi Jayanti. (2020). No .21(1), 1–9. Http://Journal.Um- Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Jkm/Article/View/2203
Darmawan, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 244–256. Https://Doi.Org/10.33753/Mandiri.V3i2.85
Darmawan, K., Luh, N., Eka, P., & Prastiwi, Y. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Etos Kerja Spiritual Dan Tata Ruang Di Kabupaten Buleleng. 1(3), 12– 25.
Dewi, K. S., Lete, M. F., Yasa, G. P., & Kusuma, G. P. E. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Rangka Meningkatkan Pengetahuan Karyawan Umkm Demores Rumah Musik. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 81-85.
Fahrudin, S. (2020). Pengaruh Perilaku Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri. Edum Journal, 3(1), 59–71. Https://Doi.Org/10.31943/Edumjournal.V3i1.55
Gandung, M., & Wardani, W. G. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pada Smp-Sma Kosgoro Kota Tangerang. Jurnal Semarak, 3(3), 146. Https://Doi.Org/10.32493/Smk.V3i3.7235
Hastutik, S., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S. S., Wardhana, A., Kartika,
R. D., ... & Marlena, N. Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual & Praktis).
Kurniaty, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Guru Sman Kota Bengkulu. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(1), 13–22. Https://Doi.Org/10.33369/Mapen.V15i1.11720
Kurniawati, N. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 583–595. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i1.1395
Lestari, S. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 4, 1349–1358.
Lia, S. (2022). No. 8.5.2017, 2003–2005. Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact- Sheets/Detail/Autism-Spectrum-Disorders
Ma’sum, T. (2019). Persinggungan Kepemimpinan Transformational Dengan Kepemimpinan Visioner Dan Situasional. Manajeman Pendidikan Islam, 2(2), 1–23.
Marantika, M., & Dahlan, D. N. A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Terhadap Kedisiplinan Guru Di Man 2 Samarinda. Al- Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 2(2), 138–153. Https://Doi.Org/10.23971/Mdr.V2i2.1523
Mardayanti, M. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Komitmen Kepala Sekolah Terhadap Produktivitas Guru Ma Ronggowarsito Ponorogo. Administrasi Pendidikan, 2(1), 54–61.
Nadeak, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Smp Negeri 3 Harian. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(1), 210–221. Https://Doi.Org/10.35326/Pencerah.V8i1.1916
Nainggolan, Hermin, Et Al. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Pradina Pustaka, 2022. Nainggolan, H., Erdiansyah, R., Ratri, W. S., Gorda, A. N. E. S., Prastiwi, N. L. P.
E. Y., Kadiman, S., ... & Ningsih, L. K. (2022). Ekonomi Sumber Daya
Manusia. Pradina Pustaka.
Nainggolan, H., Erdiansyah, R., Ratri, W. S., Gorda, A. N. E. S., Prastiwi, N. L. P.
E. Y., Kadiman, S., ... & Ningsih, L. K. (2022). Ekonomi Sumber Daya Manusia. Pradina Pustaka.
Ningsih, Luh Kartika, Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi, And Aan Eddy Supriyadinata Gorda. "Peningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pengimplementasian Budaya Organisasi Di Pt. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Seririt." Prosiding 1 (2019): 13-28.
Prastiwi, Ni Luh Putu Eka Yudi. "Pengaruh Disiplin Kerja Dan Etos Kerja Spiritual Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Di Kabupaten Buleleng." Kontan: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis 1.3 (2022).
Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu Dan Kualitas Sekolah Di Sd Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. Https://Doi.Org/10.52436/1.Jpti.26
Rianita, Ni Made, Ni Luh De Erik Trisnawati, And Putu Eka Nopiyani. "Peningkatan Motivasi Belajar Berbasis Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa." Mimbar Ilmu 25.3 (2020): 338-345.
Sari, J. J. P. ;, Sihaloho, E., Sutomo, R., & Arum, S. (2021). Meningkatkan Komitmen Guru Melalui Optimalisasi Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(03), 250–264.
Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi Dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap Di Sebuah Smk Swasta Di Indonesia.Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,4(2),141. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i2.18008
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, Salemba Infotek, 1- 8.
Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1989
Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian . Jakarta: PT. Refika Aditama.
Simamora, H. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN
Sofyan, Y. (2009). Teknik Analisis Statistik Terlengkap degan Software SPSS.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi.
Bandung: Alfabeta.67.
Tiswarni, T. (2019). Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru (Studi Deskriptif Kualitatif Di Smp N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 261. Https://Doi.Org/10.29300/Attalim.V18i1.1650
Ulpah, M., Agustini, A., & Sofiah, L. (2023). Jote Volume 4 Nomor 3 Tahun 2023 Halaman 521-531 Journal On Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan. 4(2013), 521–531.
Verawati, Rika. (2015). Pengaruh Komitmen Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru Bidang Studi Ips Sman Kabupaten Padang Pariaman. Economica, 3(2), 207–218. Https://Doi.Org/10.22202/Economica.2015.V3.I2.257ca.2015.V3.I2.257