Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi dan Kreativitas dengan Pendekatan Analisis SWOT (Studi pada Usaha Ikan Bakar PPI Sangsit)

Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi dan Kreativitas dengan Pendekatan Analisis SWOT (Studi pada Usaha Ikan Bakar PPI Sangsit)

  • ni luh indah widia purnami indah sekolah tinggi ilmu ekonomi satya dharma singaraja
  • Gde Agung Satria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Inovasi, Kreativitas, Keunggulan Bersaing, Analisis SWOT.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi dan Kreativitas dengan Pendekatan Analisis SWOT (Studi Pada Usaha Ikan Bakar PPI Sangsit). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keunggulan bersaing pada Usaha Ikan Bakar PPI Sangsit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Sumber data yang digunakanadalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan pada Usaha Ikan Bakar PPI Sangsit yaitu Strategi SO (Strenght, Opportunities), dimana menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang dimiliki. Strategi ini berada pada kuadran 1 (Q1) dengan menggunakan strategi agresif atau pertumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan semakin luasnya lahan tempat makan pada Usaha Ikan Bakar PPI Sangsit. Setelah analisis SWOT dirumuskan dibentuklah strategi inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Adapaun strategi inovasi yang dapat diterapkan yaitu varian menu yang kreatif, konsep usaha yang menarik, dan pemasaran yang kreatif. Strategi kreatif pada Usaha Ikan Bakar PPI Sangsit yaitu penyajian yang menarik serta variasi menu.

 

Published
2023-07-31