STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TOKO BANGUNAN UD. SINAR ALAM

  • ngurah thendes ngurah manajemen
  • Gede Widiadnyana Pasek
Keywords: Strategi, Pengembangan, Toko Bangunan

Abstract

Strategi merupakan rencana keputusan manajerial dan kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran seutuhnya mengenai suatu fenomena yang terjadi dalam sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam mengembangkan usaha Toko Bangunan UD. Sinar Alam yang dapat bertahan dalam era persaingan yang sangat ketot di kota Singaraja. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Toko Bangunan UD. Sinar Alam, karyawan UD. Sinar Alam dan konsumen yang bersedia untuk dijadikan narasumber. Dari hasil narasumber didapatkan analisis lingkungan internal dan lingkunan eksternalĀ  yang dapat ditampilkan lebih rinci mengenai kekuatan, kelemahan, peluang serta ancama yang dihadapi UD. Sinar Alam. Hasil dari penelitian ini yaitu pada UD. Sinar Alam memiliki strategi pengembangan yang sudah berlangsung sejak tahun 1998 hingga sekarang dengan melayani konsumen dengan optimal dengan penawaran harga barang yang menjadi daya tarik konsumen.

References

Anoraga Pandji, 2007. Pengantar bisnis Pengelolaan Bisnis Dalam EraGlobalisasi. Jakarta: Rieneka Cipta.
Arianto, E., & Kontemporer, P. M. S. (2007). pengertian Strategi. Tersedia pada http://strategika. wordpress. com/2007/06/24/pengertian-strategi/).(Diakses tanggal 25 September 2013).
Ayu Putri Septiana , Sri Kantun , Retna Ngesti Sedyati. 2017. Jurnal : Perilaku Kewiausahaan
AR, Syamsudin dan Damaianti. (2011). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: remaja rosdakarya.
Basuki, Sulistyo. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Brown, R. D. dan G. J. Petrello. 1976. Introduction to Business, An
Daru Nur Diana. 2020. Artikel : Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif.
David, F.R. 2009. Manajemen Strategis. Jakarta : Salemba Empat
David, F.R.. 2011. Manajemen Strategis : Konsep. Jakarta : Salemba Empat
Hunger, J.D. dan Wheelen, T.L. (2012).Strategic Management and BussinessPolicy: Toward Global Sustainability (13th Edition). New York: Pearson.
John A. Pearce II dan Richard B.Robinson, Jr., (2008).Manajemen Strategis- Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip, 2000, Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey.
Kuncoro, Mudrajad, 2005. Strategi (Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif),
Rangkuti, Freddy.(2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasusintegrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Riyanti, Benedicta Prihatin Dwi, 2003. Kewirausahaan Dipandang dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian, Cetakan Pertama, Penerbit PT Grasindo, Jakarta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed. Methods). Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran. Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Ulber, Silalahi. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
Published
2023-07-31