STRATEGI BERWIRAUSAHA PANDAN HARUM BANTEN DI KECAMATAN SUKASADA BULELENG

  • Ida Ayu Putu Anggreni STIE Satya Dharma
  • Ketut Suardika STIE Satya Dharma
Keywords: Strategi Berwirausaha; Pandan harum banten

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui potensi usaha pandan harum banten di Kecamatan Sukasada Buleleng, 2) untuk menganalisis SWOT usaha pandan harum banten di Kecamatan Sukasada Buleleng, dan 3) untuk mengetahui strategi berwirausaha pandan harum banten di Kecamatan Sukasada Buleleng. Dalam penelitian ini digunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan model interaktif dan menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan strategi berwirausaha pandan harum banten di Kecamatan Sukasada Buleleng. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pandan harum banten memiliki potensi pasar yang baik, terutama keperluan upacara adat di Bali. Permintaan yang tinggi menjelang perayaan hari besar keagamaan menjadi peluang bagi usaha Pandan harum banten. Strategi yang dapat dilakukan yaitu melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan meningkatkan kualitas produk, melakukan kerja sama dengan pemasok dan distributor lokal, menciptakan diversifikasi produk, melakukan pemasaran dan promosi, jaga hubungan dengan komunitas lokal, melakukan inovasi dan penelitian, meningkatkan kualitas layanan pelanggan, memperbaiki manajemen keuangan yang cermat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi yang dapat digunakan untuk berwirausaha pandan harum banten di Kecamatan Sukasada adalah strategi pemasaran dan juga strategi untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan

References

Aji, N.B., (2018), “Analisis SWOT Daya Saing Sekolah: Studi Kasus Di Sebuah. SMA Swasta Di Kota Tangerang”, Jurnal Operations Excellence,. Vol.10(1):68.
Alfansyur, Andarusni, and Mariyani Mariyani. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5.2: 146-150.
Ardiyanti, Dyah Ayu, and Zulkarnen Mora. (2019). Pengaruh Minat usaha dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha wirausaha muda di kota langsa. Jurnal samudra ekonomi dan bisnis 10.2: 168-178.

Aqib, Husnul, Lina Listiana, and Ir Ruspeni Daesusi. (2015). Pengaruh Pemberian Perasan Daun Pandan Wangi (Pandanus ammaryllifolius) Terhadap Kadar Glukosa Darah Mencit dan Penerapannya Pada Praktikum Fisiologi Hewan.
Candana, Dori Mittra, and M. Afuan. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Cafe Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1.1: 151-162.
Dewirahmadanirwati, Dewirahmadanirwati. (2020). Strategi Meningkatkan Minat Berwirausaha di Lingkungan Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic 4.2: 34-40.
Fakhturahman, Fikri, dkk (2020). Penggunaan Pupuk Bio Mikoriza Pada Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonium L) Sebagai Salah Satu Penerapan Pertanian Berkelanjutan. Jurnal Inovasi Penelitian. (3)1.
Hanum, Chairani. (2008). Teknik budidaya tanaman. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hastuti, Puji, et al. (2020). Kewirausahaan dan UMKM.
Hidayah, Nur, and M. Tony Nawawi. (2021). Pelatihan Strategi Perencanaan Bisnis yang Kompetitif dalam Berwirausaha pada Siswa SMA. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1.3: 118-125.
Indrayani, dkk. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Akuntansi Lingkungan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/kharisma/issue/view/120
Kurniullah, Ardhariksa Zukhruf, et al. (2021). Kewirausahaan dan Bisnis.
Maryati, Wiwik, and Ida Masriani. (2019). Peluang bisnis di era digital bagi generasi muda dalam berwirausaha: strategi menguatkan perekonomian. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis) 4.2: 125-130.
Mursyida, Fattya. (2021). Uji Efektivitas Antibakteri Ekstrak Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) Terhadap Pertumbuhan BakteriStaphylococcus epidermidis. KLOROFIL: Jurnal Ilmu Biologi dan Terapan 5.2: 102-110.
Novianto, Efri. (2019). Manajemen Strategis. PT. Cendekia: Jakarta
Permatasari, Anak Agung Ayu Putri, Ni Kadek Yunita Sari, and I. Made Endra Puniawan. (2022). Pkm Pemanfaatan Limbah Tanaman Pandan Wangi Di Desa Cepaka, Kediri, Tabanan. Widya Laksana 11.1: 55-60.
Purba, Djuli Syafei, dkk. (2022). Pelatihan Analisis SWOT Untuk Memahami Kondisi Internal dan Eksternal. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 3, No. 1, Juli 2022.
Rahmi, Fadhilatur, and Prima Minerva. (2022). Kelayakan Daun Pandan Wangi Sebagai Masker Tradisional Perawatan Kulit Kering. Jurnal Tata Rias dan Kecantikan 3.2: 58-62.
Rangkuti, Freddy. (2017). Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratnawati, Shinta. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen: 17.2 58-70.
Rijali, Ahmad. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17.33: 81-95.
Riyanto, Abdussamad. (2018). Utilization of Information and Communication Technology Usage in Supporting Business Activities. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNIKOM Bandung.
Salim, M. Afif, and Agus B. Siswanto. (2019). Analisis SWOT dengan metode kuesioner.
Sandoro, P. S dan Darniadi, S.,(2020). Shelf-life determination using accelerated shelf life test (ASLT) method for foam mat drying instan drink strawberry powder. Pasudan Food Technology Journal, 7(2), 87-92
Sugioyono. (2019). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV Media: Jogjakarta
Published
2023-07-31