Analisis SWOT sebagai Penentu Strategi Pemasaran dalam Memenangkan Persaingan pada Usaha Ambara Fruits Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Ambara Fruits Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Untuk mengetahui peran analisis SWOT dalam meningkatkan daya saing pada Ambara Fruits Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan data primer yaitu datang langsung ke lapangan. Penelitian ini dilakukan di usaha buah yang ada di Desa Tamblang Kecamatan Kubutambahan usaha tersebut dimiliki oleh seorang warga Desa Tamblang yaitu Ambara Fruits yaitu usaha buah utamanya buah mangga. Informan penelitian ini yaitu terdiri dari owner, karyawan yang bekerja di Ambara Fruits beserta konsumen Ambara Fruits. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Strategi yang didapat dari Matriks SWOT yaitu dengan melakukan riset pasar pada usaha Ambara Fruits, peningkatan kualitas SDM, untuk menambah jumlah pelanggan potensial., meningkatkan promosi dan memberikan diskon khusus untuk pelanggan lama, meningkatkan pelayanan, agar pelanggan puas dan loyal. Serta menyediakan persediaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
References
Andriyanto, (2017), Aktivitas Antipiretik Ekstrak Etanol Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi ) pada Tikus Putih Jantan, Jurnal Veteriner, Vol. 18, No. 36
Arda, M. (2019). Meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Analisis SWOT. PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 61–69. https://doi.org/10.21632/perwira.2.1.61-69
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
Bilung, (2016), Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda Pada CV. Semoga Jaya di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur, Jurnal Administrasi Bisnis, No. 1, Vol. IV
Bismala, L., & Handayani, S. (2014). Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. In Prosiding Seminar Nasional PB31 ITM, 437–446.
Luntungan, W. G. A., dkk (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5495–5504.
Malonda, P. M., & Moniharapon, S. (2019). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Bakso Baper Jogja Swot Analysis in Determining Marketing Strategies At the Jogja Baper Meatball Restaurant. Loindong 3827 Jurnal EMBA, 7(3), 3827–3836.
Marginingsih, R. (2019). Analisis SWOT Technology Financial (FinTech) Terhadap Industri Perbankan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 55–60.
Maribun B.N., 2003. Kamus Manajemen, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta. Miftah dan Ambok Pangiuk, 2020, Budaya Bisnis Muslim Jambi dalam Perspektif Kearifan Lokal, Ahlimedia Press, Malang.
Pranoto, S.A, (2019), Analisis Swot Program Manajemen Bisnis Pariwisata Politeknik Negeri Sambas, Fakultas Teknik Negeri Bali, Bali.
Rifki, M, (2020), Analisis Resiko Pembiayaan dan Resolusi Syariah pada Peer- To-Peer Financing, Equilibrium Jurnal Ekonomi Syariah , Vol. 8, No. 1. Rumah Millennials.com. (Tanpa tahun). Siapa Itu Generasi Millennial?, https:// rumahmillennials.com/siapa-itu-generasi-millenials/,
Sodiq, A. (2018). Analisis Swot Perkembangan Perbankan Syariahdi Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.21043/malia.v1i1.3981
Sugiarto, F.F, 2016, Analisa Strategi Bersaing Pt. Surya Cipta Mandiri,AGORA, Vol. 4, No. 2.
Syaiful, F. F. (2020). Penerapan Analisis Swot Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan. Edukasi Nonformal, 1 (1), 343–359. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/583
Winardi, R. R., dkk (2020). Analisis Swot Pada Industri Sirup Stroberi. Juitech, 4(2), 1–10.