ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD
<p><strong>Abdi Satya Dharma</strong> merupakan <strong>Jurnal Pengabdian Masyarakat</strong> yang diterbikan oleh <strong>Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma</strong>. Abdi Satya Dharma diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Mei dan Desember yang terfokus pada praktik dan proses pengabdian masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat ini menyediakan forum bagi akademisi dan praktisi untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan praktik yang berkaitan dengan layanan pengabdian masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat ini adalah jurnal <em>online</em> yang didedikasikan untuk publikasi artikel pengabdian masyarakat.</p>en-US[email protected] (Mertyani Sari Dewi, SE.,M.Si)[email protected] (Komang Trisna Sari Dewi, SE.,MM)Tue, 14 May 2024 00:00:00 +0000OJS 3.1.2.1http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SERTA PENINGKATAN PRODUKSI DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN USAHA K2R
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/465
<table width="100%"> <tbody> <tr> <td width="76%"> <p>Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sebuah penggerak perekonomian pada suatu daerah, dan sekarang ini mulai dianggap sebagai pilar penggerakan perekonomian dari sebuah Negara. Walaupun dikategorikan sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menegah karena modalnya cenderung tidak banyak, produksi dan penjualan dan tidak besar, serta pangsa pasar atau informasi total penjualan bisnis yang cenderung lebih sempit.Melihat dari dampak pandemi Covid-19 tersebut banyak masyarakat pelaku UMKM mengangkat potensi sumber daya alam yang ada di setiap daerah masing masing Salah satu contohnya yaitu UMKM K2R Desa Pedawa yang menggunakan talas sebagai bahan utama olahan, Tujuan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan produksi dalam upaya peningkatan penjualan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan secara teori dan praktek dengan berbagai tahapan pelaksanaan.</p> </td> </tr> </tbody> </table>Kadek Tirta Yasa, I Gede Krisna Fhareza Putra, Gusti Putu Eka Kusuma; Anak Agung Ngurah Restu Gautama
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/465Tue, 14 May 2024 00:00:00 +0000PENGELOLAAN DAN PROSES PRODUKSI KUE KALIADREM KHAS DARI DESA BUNGKULAN
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/471
<p>Penelitian masyarakat merupakan salah satu kegiatan bagi para mahasiswa yang bertujuan untuk mencari atau mengetahui sebuah informasi dari seorang pewirausaha yang sudah menjalani sebuah bisnis selama bertahun-tahun salah satunya mencari informasi terkait dengan permaalahan yang pernah dialami dan masih banyak informasi lainnya.</p>Ketut Ayu Wandira, I Gusti Made Dharma Hartawan
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/471Tue, 14 May 2024 23:56:37 +0000OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN AGEN PERJALANAN ATMAJA TOUR BANTUL
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/488
<p><em>The purpose of this mentoring program is to optimize social media as a travel agency marketing tool.</em> <em>Social media is one of the many digital media that can be used to assist marketing activities. This latest marketing is expected to be able to reach a wider target market than conventional marketing methods.</em> <em>By running a mentoring program related to optimizing social media as a marketing tool, it is hoped that it can provide solutions in increasing audience reach and expanding marketing so as to increase new users of the Atmaja Tour travel agency services in Bantul.</em> <em>The method for implementing the mentoring program for the Atmaja Tour Bantul travel agent is carried out in several stages of the program, namely the preparation and planning stage, the implementation stage, and the reporting stage.</em> <em>The results of this program are the changes experienced by Atmaja Tour during the implementation of the mentoring program which can be seen from 2 indicators of change.</em> <em>The first indicator is content on social media that is more organized and well-planned.</em> <em>Then the second indicator is an increase in profile visits and interaction on social media.</em> <em>These two criteria are an indication that the marketing expansion strategy from originally using conventional media to social media can work well.</em></p> <p><em>.</em></p>Bagas Tegar Saputra, Dorothea Wahyu Ariani
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/488Wed, 15 May 2024 00:01:37 +0000SOSIALISASI PELUANG KERJA PROGRAM STUDI AKUNTANSI SISWA SMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/489
<table width="100%"> <tbody> <tr> <td width="76%"> <p> </p> <p>Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tanda dari perkembangan zaman yang semakin modern. Seiring dengan perubahan tersebut, kebutuhan dasar manusia pun semakin meningkat, seperti kebutuhan akan layanan pendidikan yang penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Pendidikan telah menjadi prioritas terpenting di zaman modern karena memberikan manfaat jangka panjang di banyak bidang kehidupan, termasuk memajukan karir profesional dan berinvestasi di masa depan. Oleh karena itu, sebagai lembaga pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi, perguruan tinggi mempunyai peranan penting dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu merespon perubahan dunia yang begitu cepat. Banyak universitas sekarang menawarkan beragam program gelar, menghadirkan beragam pilihan dan permasalahan untuk dipertimbangkan. Universitas Triatma Mulya adalah Universitas yang menyelenggarakan Program Studi Akuntansi untuk berbagi prospek karir. Tahap kegiatan yaitu tahap identifikasi masalah, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di SMA Widiatmika. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah menginteraksikan Program Studi Akuntansi bisnis dengan peluang karir dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa SMA .Selain itu peserta sosialisasi menjadi lebih mengetahui jenis pekerjaan yang bisa Anda dapatkan setelah lulus, keterampilan yang Anda butuhkan, dan karir masa depan Anda.</p> <p> </p> <p> </p> <p>.</p> </td> </tr> </tbody> </table>Tiara Kusuma Dewi, Putu Eka Nopiyani
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/489Wed, 15 May 2024 00:08:23 +0000PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM IDE KEBAYA FASHION BALI PADA ERA DIGITAL
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/490
<p>Pakaian adat Bali merupakan salah satu bagian dari kebudayaan Bali yang mendapat perhatian publik. Wisatawan internasional maupun domestik yang berkunjung ke Bali, seringkali mendapat pemandangan yang unik dengan masyarakat Bali yang memakai pakaian adatnya. Penggunaan pakaian adat ketika akan pergi ke pura merupakan kewajiban guna menjaga kesakralan pura. Dibalik helaian pakaian adat tersebut memiliki maknanya masing-masing. Dengan adanya kondisi tersebut beberapa masyarakat bali memanfaatkan peluang tersubut dengan membuka usaha butik. Namun dalam usaha tersebut tentunya terdapat banyak kompetitor. Maka dari itu pemilik harus tanggap dalam menghadapi kompetitor dengan melakukan kiat pemasaran yang tepat salah satunya adalah melakukan pemasaran melalui sosial media. Dalam pengabdian masyarakat ini penulis membahas mengenai aspek pemasaran di Toko Ide Kebaya Fashion Bali yang terletak di Jalan Gajah Mada (Selatan Pura Dalem Buleleng) tepatnya disebelah barat. Masalah yang dihadapi oleh pemilik toko ini yaitu pemilik Toko Ide Kebaya Fashion Bali masih awam dengan adanya sosial media dalam pemasaran produknya sendiri. Metode diterapkanyaitu pelatihan dan pemberdayaan serta pembinaan penggunaan sosial media. Program pengabdian diawali dengan memberikan materi mengenai peranan sosial media dalam pengembangan usaha dan dilanjutkan dengan pelatihan ekplorasi penggunan fitur sosial media sebagai alat promosi produk. Hasil dari pengabdian ini adalah peningkatan nilai tambah yang dimaksud yaitu dengan adanya pembinaan dan pelatihan ini pemilik mampu mempelajari strategi dalam memasarkan produk melalui sosial media, pemilik juga bisa bersosial media sambil memperkenalkan produknya.</p>Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi, Ni Luh Sri Kasih, Komang Eny Kasrianti
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/490Wed, 15 May 2024 00:12:31 +0000PELATIHAN AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS KOMPUTER BAGI UMKM
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/492
<p>Salah satu pilar perekonomian nasional yang masih membutuhkan pembinaan secara terus menerus dalam berbagai aspek adalah Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu aspek yang masih menjadi kendala kemajuan UMKM adalah masalah akuntansi atau pencatatan dan pelaporan keuangan.Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman teori dan kemampuan teknis pencatatan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan dengan penggunaan komputer bagi pelaku UMKM Kecamatan Buleleng. Dengan pengabdian ini diharapkan kompetensi dan wawasan pelaku UMKM dapat meningkat sehingga menunjang keberhasilan usaha mereka. Dalam hasil observasi yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa, pencatatan akuntansi baik secara manual maupun komputerisasi masih belum dapat diterapkan dengan baik pada para pelaku UMKM dikarenakan tidak adanya sumber daya manusia yang cukup mendukung dalam implementasi penerapan komputerisasi akuntansi. Keahlian ini sangat diperlukan untuk menambah keterampilan para pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan usaha masing-masing para pelaku usaha.</p>Gede Widiadnyana Pasek, I Made Mai Noval, I Putu Agus Adnyana, Anak Agung Ngurah Restu Gautama
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/492Wed, 15 May 2024 00:33:02 +0000PEMERDAYAAN MASYARAKAT PADA UMKM WARUNG MAKAN LALAH MANIS DESA SANGSIT
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/493
<p><em>Typical Indonesian cuisine has its own characteristics in each region. Traditional Balinese cuisine has the general characteristics of a strong and sharp taste, because many spices are used, especially spices called basa even. Traditional Balinese cuisine, which has developed since the arrival of Hinduism in Bali, has become the original food of the Balinese people, not only for the people but also religiously intended for the gods and goddesses. Typical culinary delights are usually found in many micro small and medium enterprises in Bali, especially in the Sangsit area. Based on observations micro small and medium enterprises</em> <em> experience many obstacles in marketing and need to hold training. The development of training for Warung Makan Lalah Manis micro small and medium enterprises aims to increase sales through marketing development so that they can reach the widest possible range of consumers</em></p>Ni Luh Nurkariani, I Gusti Made Oka Astana, Kadek Dwi Antari
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/493Wed, 15 May 2024 03:28:42 +0000PENDAMPINGAN USAHA RUMAHAN DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN KELUARGA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/494
<p>A home business is one of the businesses that deserves assistance so that it can become an alternative in helping to improve the family's economy. Some of the problems that home business owners often face include a small market share and the marketing process, promotion process, business registration and financial management in home businesses. These problems often occur due to a lack of understanding and information possessed by business actors. So there is a need for assistance in the field of entrepreneurship to solve some of these problems, one of which is assistance for home businesses so that they can help the family economy. Mentoring was carried out online and was attended by 2 participants from home business actors. The overview activity will be held on February 20 2024 at 13.00 WIB, while the mentoring activity will be held on February 25 2024 at 13.00 WIB. The material presented during the mentoring process focuses on the marketing process, promotions and the benefits obtained if business actors have carried out appropriate promotions for their businesses. The implementation of the mentoring went well and business actors became more aware of the process of carrying out promotions using social media. To provide maximum assistance, it is necessary to provide assistance in other matters besides business registration, such as branding, copywriting, and IPR (Intellectual Property Rights) registration for business actors so that they can develop further.</p>Riana Dewi Kartika, Komang Umbara Usahadi, Ni Nyoman Juli Nuryani
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/494Wed, 15 May 2024 04:35:44 +0000CERDAS DALAM MEMILIH DAN MEMUTUSKAN PENGGUNAAN APLIKASI PINJAMAN ONLINE
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/497
<p>Perkembangan teknologi informasi dan internet telah mengubah banyak aspek kehidupan <br>sehari-hari. Aplikasi pinjaman dana online muncul sebagai solusi modern untuk mendapatkan <br>dana dengan cepat dan mudah tanpa harus melibatkan proses yang rumit seperti pada lembaga <br>keuangan konvensional. Dalam rangka meningkatkan literasi finansial dan membangun <br>kesadaran masyarakat terhadap implikasi penggunaan aplikasi pinjaman dana online, kami <br>memandang perlu untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan tema "Cerdas <br>dalam Memilih dan Memutuskan Penggunaan Aplikasi Pinjaman Dana Online." Program ini <br>diarahkan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat tentang berbagai <br>aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan <br>pinjaman online. Hal ini tentu terdapat risiko yang perlu dipahami dengan baik oleh para <br>pengguna potensial. Tingginya suku bunga, biaya tersembunyi, dan praktik peminjaman yang <br>tidak etis dapat menjadi pemicu masalah keuangan yang serius. Oleh karena itu, tujuan <br>dilaksanakan kegiatan pengabdian ini agar pemahaman ibu-ibu menjadi lebih baik tentang cara <br>memilih dan menggunakan aplikasi pinjaman dana online secara bijaksana.</p>Rifka Arinda Noviasari, Winda Hurotul ‘Aini, M. Iswahyud
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/497Thu, 16 May 2024 01:26:00 +0000PELATIHAN DALAM PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI DESA SEGOBANG KECAMATAN LICIN KABUPATEN BANYUWANGI
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/495
<p>Pemasaran merupakan ujung tombak untuk keberlangsungan sebuah usaha. Dengan memahami strategi pemasaran maka usaha akan terus dapat berjalan. Teknologi informasi yang kian berkembang saat ini juga turut mempengaruhi pola pemasaran dan strategi yang digunakan. Dengan pemanfaatan teknologi informasi maka pemasaran akan menjadi lebih efektif dan efisien. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema pelatihan dalam penyusunan strategi pemasaran melalui pemanfaatan digital marketing pada UMKM di desa segobang kecamatan licin kabupaten banyuwangi yang digunakan oleh Tim pengabdi akan memberikan dampak yang baik bagi semua pihak yang mana dapat terbangun bersinergi untuk membangun kerjasama yang berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan ini adalah Mengidentifikasi masalah mitra terkait dengan pemasaran produknya, Memberikan penyuluhan dan pelatihan berkaitan dengan strategi pemasaran serta Pendampingan berkelanjutan hingga mitra dapat memanfaatkan digital marketing secara mandiri. Dengan kemampuan digital marketing yang baik untuk wilayah terpelosok maka Tim Pengabdi telah memberikan sumbangsing yang sangat besar untuk pemerataan ilmu pengetahuan kususnya di daerah yang masih tertinggal dan terpenci.</p>Ni Kadek Yuliandari, Muhammad Nur Holis, Endri Purnomo, Kurnia Riesty Utami, Dilla Cattleyana, Hurin In Lia Amalia Qory, Sofia Asyiriana BRP, Arif Rahman Hakim
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/495Thu, 16 May 2024 02:46:25 +0000PENGENALAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) UNTUK PENJADWALAN PRODUKSI DI USAHA PEMPEK SKALA RUMAH TANGGA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/500
<p><em>This research aims to introduce and analyze the implementation of Material Requirement Planning (MRP) in household-scale pempek businesses in RT 22, SAKO District, Palembang, which is also the result of community service activities. Pempek businesses are common businesses that are widely available in Palembang, and many of them are managed traditionally without an efficient inventory management system. This often causes problems such as excess or shortage of raw materials, which has an impact on smooth production, supply chain management systems and product quality. By adopting MRP, it is hoped that household-scale pempek businesses can optimize the use of raw materials, reduce waste and increase production efficiency. This research uses a qualitative method with a case study approach, where data is collected through in-depth interviews, observation and document analysis from several pempek businesses in RT 22 SAKO District. The research results show that implementing MRP can provide several significant benefits, including better inventory control, reduced production costs, increased product quality, and the ability to respond to market demand more quickly and precisely. However, challenges such as limited technological knowledge and the need for training were also identified as barriers to implementing MRP. In conclusion, the implementation of MRP in household- scale pempek businesses in RT 22, SAKO Palembang District shows great potential to increase efficiency and competitiveness. This research recommends training programs and technology and knowledge support for local entrepreneurs to maximize the benefits of the MRP system.</em></p>Tolu Tamalika, Deri Maryadi, Azhari, R.A.Nurul Moulita, Adi Fitra, Ahmad Malik, Ibnu Aziz
Copyright (c) 2024 ABDI SATYA DHARMA
https://ojs.stie-satyadharma.ac.id/ojs/index.php/AbSD/article/view/500Thu, 13 Jun 2024 00:00:00 +0000