STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS KERAJINAN PERAK DENGAN MEMASARKAN PRODUK MELALUI MEDIA ONLINE

  • I G A N Alit Sumantri Universitas Pendidikan Nasional
  • I Gusti Agung Ayu Pramita Indraswari Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Budiadnyani Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Pande R. Aprilyani Dewi Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: Strategi pengembangan bisnis, pemasaran produk, Media Online

Abstract

Kerajinan perak adalah kerajinan barang atau seni yang berasal dari perak. Industri perak itu
sendiri merupakan suatu industri kerajinan tangan (handcraft) berbahan perak yang bernilai
seni tinggi. Salah satu Industri kerajinan perak di Desa Celuk, Gianyar merupakan sentra
kerajinan perak terbesar kedua di Indonesia setelah kota Gede Yogyakarta. Keunggulan
kerajinan perak di desa Celuk adalah pada desain perhiasan yang unik dan masih melalui
proses pengerjaan secara tradisional (handmade) sekaligus menjadi destinasi wisata. Pelaku
bisnis pengrajin perak di Desa Celuk Sukawati telah banyak yang mengalami kemerosotan. Hal
ini terjadi karena penurunan pasar aksesori dari perhiasan perak yang mulai mengalami
kemunduran. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi karena menjamurnya pusat
oleh-oleh khas bali yang lebih modern, banyaknya pesaing dari dalam maupun luar negeri serta
maraknya peredaran produk perak bercampur alpaka tetapi dipasarkan dengan label perak asli
lengkap disertai stempel kemurnian.

Published
2024-12-20