PENERAPAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM CAMILAN AGAS PANJI

  • Ketut Arik Armayanti SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SATYA DHARMA
  • Ni Luh Fina Widianti SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SATYA DHARMA
  • Kadek Pujayanti SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SATYA DHARMA
  • Ni Luh De Erik Trisnawati SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SATYA DHARMA
Keywords: UMKM, Pemasaran, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu fondasi perekonomian Indonesia. Namun masih banyak pelaku UMKM yang tetap beroperasi tanpa menggunakan media sosial untuk membantu memasarkan bisnisnya. Hal ini disebabkan oleh persepsi pelaku UMKM tidak optimal menggunakan media sosial sebagai media pemasaran. Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM Ibu Agas Panji adalah tidak optimalnya penggunaan media sosial, di UMKM Cemilan Agas Panji. Tujuan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran pada UMKM. Metode dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode wawancara dan pelatihan dalam mengunakan media sosial sebagai sarana pemasaran pada pelaku UMKM.

Published
2025-05-30