Membangun Keunggulan Kompetitif Melalui Kreativitas dan Inovasi Produk Bakpia Juwara Satoe dalam Strategi Pemasaran yang Efektif
Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat dengan bentuk kegiatan company visit yang bertujuan untuk mengenal langsung perusahaan-perusahaan yang dikunjungi. Salah satu perusahaan ialah Bakpia Juwara Satoe. Dalam persaingan pasar yang sangat kompetitif, Bakpia Juwara Satoe tampil menonjol dengan memadukan teknologi tinggi dan modern dalam proses produksinya, dengan standar higienitas. Strategi pemasaran yang digunakan saat ini pemasaran digital, promosi dan diskon masih kurang efektif. Dengan menggunakan metode pengamatan pasif dan metode analitis sekunder, pengamat mengkaji beberapa hal yang harus digencarkan dalam strategi inovasi kreatif yaitu dalam mengembangkan varian rasa, kolaborasi dengan influencer dan chef, serta melakukan konten kreatif berkala. Dalam strategi pemasaran lebih berfokus pada pengembangan ikon produk dan kemasan yang berkualitas serta ramah kingkungan. Bila ikon produk memiliki nilai di pandanganan masyarakat, akan mudah untuk melakukan pemasaran digital, promosi dan diskon. Dengan memadukan inovasi rasa, strategi pemasaran yang efektif, dan pemanfaatan teknologi, Bakpia Juwara Satoe dapat memperkuat posisinya di pasar yang kompetitif dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan