Pengembangan UMKM Pindang Sebagai Solusi Stunting Gizi
Pengembangan UMKM Pindang Sebagai Solusi Stunting Gizi
Abstract
Jurnal pengabdian ini berfokus membahas pengembangan UMKM ikan tongkol sebagai suatu produk pindang, dimana pindang ini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi terjadinya fenomena stunting gizi yang terjadi sebab produk pindang memiliki harga yang terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat. Pada jurnal pengabdian ini menggunakan analisis SWOT dan terdapat 2 tahapan dalam melakukan pengabdian ini. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang dilakukan oleh tim, menemukan bahwa Strengths ( kekuatan) meliputi jumlah produk yang di peroleh konsumen lebih banyak dibandingkan pesaing, kualitas produk yang lebih terjamin, resep yang menambah cita rasa. Aspek Weaknesses (kelemahan) meliputi kurang banyaknya tempat untuk menyimpan persedian (stock) yaitu freezer box, kurangnya SDM dalam membantu proses produksi, belum maksimalnya penggunaan platform media social. Aspek Opportunities ( Peluang) meliputi, mampu mendominasi sektor pasar atau pangsa pasar, mampu menbuat berbagai olahan makanan dari bahan baku yang sama, seperti abon, pepes ikan dll. Aspek Threats (ancaman), yang meliputi Lokasi pengepul pasar diketahui oleh competitor sehingga memungkinkan terjadinya krisis stock atau persediaan bahan baku, harga bahan baku yang belum stabil.