PELATIHAN DALAM PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI DESA SEGOBANG KECAMATAN LICIN KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Pemasaran merupakan ujung tombak untuk keberlangsungan sebuah usaha. Dengan memahami strategi pemasaran maka usaha akan terus dapat berjalan. Teknologi informasi yang kian berkembang saat ini juga turut mempengaruhi pola pemasaran dan strategi yang digunakan. Dengan pemanfaatan teknologi informasi maka pemasaran akan menjadi lebih efektif dan efisien. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema pelatihan dalam penyusunan strategi pemasaran melalui pemanfaatan digital marketing pada UMKM di desa segobang kecamatan licin kabupaten banyuwangi yang digunakan oleh Tim pengabdi akan memberikan dampak yang baik bagi semua pihak yang mana dapat terbangun bersinergi untuk membangun kerjasama yang berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan ini adalah Mengidentifikasi masalah mitra terkait dengan pemasaran produknya, Memberikan penyuluhan dan pelatihan berkaitan dengan strategi pemasaran serta Pendampingan berkelanjutan hingga mitra dapat memanfaatkan digital marketing secara mandiri. Dengan kemampuan digital marketing yang baik untuk wilayah terpelosok maka Tim Pengabdi telah memberikan sumbangsing yang sangat besar untuk pemerataan ilmu pengetahuan kususnya di daerah yang masih tertinggal dan terpenci.