Pelatihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada UMKM Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan

  • Moh. Ubaidillah Ubaidillah
  • Purweni Widhianningrum
  • Maya Novitasari
  • Muhamad Agus Sudrajat
Keywords: Strategi Pemasaran, Digital,

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah dunia pemasaran dalam beberapa tahun terakhir ini. Metode komunikasi pemasaran yang sebelumnya bersifat tradisional dan konvensional, kini telah terintegrasi dalam dunia digital. para pelaku UMKMĀ  hendaknya bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan. Akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan konvensional. Untuk itu UMKM ini perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan pemasaran digital agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarkat ini yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan berupa ceramah dan pemberian tutorial mengelola media sosial dan e-commerce. Dari hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah para pelaku UMKM dapat memperoleh pemahamanan dan mampu merancang serta mengoptimalisasikan strategi pemasaran digital yang tepat untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM.

Published
2023-12-07