Pelatihan Pemasaran Digital Dan Pengemasan Produk Untuk Mengembangkan UMKM Sari Jahe Merah Panji Herbal

  • Putu Agus Adnyana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • I Made Mai Noval Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Ni Wayan Novi Budiasni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Anak Agung Ngurah Restu Gautama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Ketut Simon Ariasa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Putu Trisna Adi Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
Keywords: Pemasaran Digital, Pengemasan Produk, Pengembangan UMKM

Abstract

Program pengabdian ini dilakukan dikelompok wanita tani tulus bakti desa panji kabupaten buleleng yang bergerak pada pengeloaan sari jahe merah, program Pengabdian Kepada Masyarakat ini berorientasi untuk dapat membantu UMKM kelompok tani tulus bakti di desa panji kabupaten buleleng, untuk mengembangkan produk herbalnya dari sari jahe merah di bidang pemasarannya dan bisa meningkatkan penghasilan yang diperoleh. Sebelum dilakukannya program pengabdian ini pendapatan perbulan dari kelompok Wanita tani tulus bakti desa panji memperoleh pendapatan sebesar Rp 2.000.000 perbulannya. Setelah dilakukannya program pengabdian ini, pada aspek pemasaran di bidang inovasi pengemasan produk hingga membantu membuat akun media sosial dan melakukan aktivitas pemasaran melalui media sosial. Dimana hal tersebut memiliki pengaruh yang cukup signifikan dengan meningkatnya pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk herbal sari jahe merah dan mentahan sari jahe merah, yang meraih omset penjualan perbulannya rata-rata Rp 2.800.000. Dimana hal ini masih bisa di maksimalkan tergantung dari inovasi yang bisa di lakukan oleh pengelola atau dari pihak kelompok Wanita tani tulus bakti desa panji kabupaten buleleng.

Published
2023-12-07